Sunday 28 August 2011

Thumbs up [SHARE]Jenis-jenis Tempat Tidur

sebelumnya Rate

Spoiler for spoiler:
Ranjang atau tempat tidur adalah suatu mebel atau tempat yang digunakan sebagai tempat tidur atau beristirahat. Sepanjang sejarah, ranjang telah berkembang dari jenis yang sederhana, seperti kasur yang diisi jerami sampai perlengkapan mewah yang didekorasi dengan kain-kain. Seperti berbagai jenis furnitur lain, ranjang seringkali dipandang sebagai simbol kelas sosial dan kekayaan.

Sebagian besar ranjang moderen terdiri atas kerangka-kerangka besi atau kayu (bedstead). Aksesori untuk ranjang yang ditambahkan adalah kasur untuk kenyamanan, kain penutup (sheet), selimut, dan bantal. Ranjang dapat pula berfungsi sebagai furnitur lain, misalnya menjadi sofa pada saat tidak digunakan.Isi dari kasur dapat berupa jerami, bulu, kapas dan pengisi buatan. Kebanyakan kasur modern menggunakan pegas, busa keras, air, atau udara.

Di sebelah bawah kasur, biasanya adalah kotak pegas (box spring). Kotak ini adalah kotak seukuran kasur yang terbuat dari kayu dan pegas yang memberikan dukungan tambahan dan suspensi untuk kasur. Lapisan selanjutnya biasanya adalah rangka ranjang yang menyokong kasur atau kotak per di atas di tanah.
[sunting] Jenis ranjang

Ranjang air, adalah ranjang berkerangka yang dilengkapi dengan kasur yang terdiri atas kantung vinyl berisi air.
Ranjang Murphy (Murphy bed), adalah jenis tempat tidur yang dapat dilipat dengan engselnya kedalam sebuah kloset. Tidak semua orang tidur di ranjang berkerangka dan kasur. Di Jepang dan Amerika Latin, banyak orang tidur di tikar jerami yang dibentangkan di lantai. Di negara tropis orang-orang tidur di buaian (hammock).

Kasur kini semakin canggih, 'dipersenjatai' oleh bermacam perangkat yang bahkan dipercaya para peneliti mampu memberikan beragam keuntungan bagi kesehatan manusia, bahkan menyembuhkan dan menghindarkan diri dari penyakit tertentu. Pendeknya, kasur kini sudah semakin 'sehat'.

Seperti apa kasur di kamar Anda? Kasur tipis berwarna-warni yang mudah dicari di pasar tradisional? Kasur bercorak garis pink-putih yang pola jahitan di atasnya bak gumpalan-gumpalan lemak? Kasur lipat yang kerap ada di kamar anak kos karena--ehem--harganya yang memang murah? Atau kasur springbed berketebalan sekitar 20-30 cm yang sudah Anda anggap paling nyaman?

Dibandingkan dengan dunia pembuatan kasur yang berkembang dewasa ini, maaf-maaf saja bila kasur-kasur model di atas itu sudah sangat ketinggalan jaman. Walau tampaknya perkembangan kasur 'sehat' ini belum masuk Indonesia, tidak ada salahnya kan mengetahui jenis-jenis kasur macam apa yang bisa mencegah berbagai macam penyakit ini?

AIR BED
Spoiler for spoiler:

Ya, layaknya ban mobil, materi yang ada dalam kasur ini adalah udara. Tahun 1997, kasur jenis ini pertama kali diperkenalkan pada industri kesehatan untuk pengobatan dan pencegahan luka baring semacam decubitus ulvers. Kemanjuran medical dari teknologi ini semakin diperluas dengan presentasi para dokter dan peneliti, semenjak kasur ini terbukti mampu menanggulangi penyakit seperti gangguan gangguan tulang belakang, punggung & leher, sleeping disorder dan berbagai penyakit degenerative lainnya.

Unsur-unsur zero pressure point, ergonomic support, reducing skin temperature, efficient blood circulation dan deep REM sleep yang terkandung dalam kasur model ini dipercayai dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang lebih sehat, meningkatkan kemungkinan faktor panjang umur dan memperbaiki tulang belakang serta penjajaran organ.

Kebanyakan kasur udara masa kini memiliki sistem suspensi udara yang memiliki pipa masuk ekslusif/ sistem katup pembuatan. Teknologi macam ini memungkinkan permukaannya ditiduri oleh setiap orang tanpa perduli mengenai ukuran, tipe dan berat tubuh mereka. Kasur ini dapat membuat nyaman lengkungan tulang belakang seunik apapun, juga menyediakan dukungan yang tepat terhadap anatomi tubuh, yang otomatis dapat mengurangi resiko sakit atau kelelahan punggung.

Mau tahu material seperti apa yang terkandung dalam kasur udara ini?

- Patented Air Valves, yang mengontrol tekanan dalam setiap silinder udara yang ada di dalamnya.
- Industrial Polyurethane Air Cylinders. Lapisan pada silinder udara ini telah melalui radio frequency sealed, yang bila dihubungkan dengan faktor daya tahan, akan 10 kali lebih kuat dibandingkan vulcanized rubber atau vinly.
- 100% Virgin New Zealand Wool Cover.
- 3" Contouring Foam Topper.
- Dual Adjustable Comfort Control Dial. Setiap sisi dari kasur SAM dibuat dengan permukaan yang memungkinkan konsumen untuk mengontrol jumlah udara yang lewat dalam katup udara.
- Solid Foam Side Rails.
- Standard And Custom Sizes, mulai dari ukuran Twin, Twin XL, Full, Full XL, Queen, Split Queen, King, Split King, California King dan Split Cal. King.
- Solid Pine Wooden Foundation, yang akan disediakan berdasarkan pemesanan.
- Pompa tambahan bila Anda ingin mengatur tekanan udara yang ada dalam kasur ini.

MEMORY FOAM BEDS
Spoiler for spoiler:

Fenomena Memory Foam (busa memori) ini berkembang pertama kali di lingkungan NASA, ketika para astronot menjalani test G-force yang sungguh bersifat high pressure. Kasur model ini terbuat dari busa tebal yang dapat membentuk/ mengikuti bentuk tubuh orang yang berbaring di atasnya. Sejumlah penelitian mengungkapkan, busa elastis yang memiliki berat jenis tinggi ini ideal untuk melepaskan tekanan pada pasien-pasien yang terluka, sekaligus membuat mereka merasa relaks dan nyaman. Situasi inilah yang memulai trend penggunaan memory foam.

LATEX FOAM BEDS
Spoiler for spoiler:

Latex (lateks) merupakan getah yang didapat dari pohon karet, yang dengan cepat dapat memadat dan menyerupai karet yang bersifat elastis. Begitu sampai pada tahap ini, lateks diproses menjadi partikel plastik kecil yang dicampur dengan sabun di dalam air. Cairan lateks yang berwarna putih susu ini lantas berubah menjadi sabun untuk kemudian dituangkan dalam sebuah cetakan. Cetakan ini lalu ditusuk dengan ratusan peniti panas untuk menciptakan ruang udara, yang secara otomatis membuka ruang ventilasi secara alami. Inti dari semua proses ini kemudian dibilas dengan air, dicuci, digulingkan dan diremas-remas hingga lembab. Untuk langkah berikutnya, inti lateks dikeringkan dalam oven udara yang panas, dibiarkan membeku hingga dingin untuk kemudian mulai diklasifikasikan.

WATER BEDS
Spoiler for spoiler:

Kasur air juga dipercaya membawa banyak faedah bagi kenyamanan tidur kita, terutama bagi wanita hamil. Sudah dari jauh hari para ahli mengungkapkan, kasur air membawa ketenangan bagi siapa yang tidur di atasnya, yang diasosiasikan dengan proses alami setiap manusia ketika berada di kandungan sang ibu selama 9 bulan. Permukaan sebuah headed water bed disebut-sebut dapat disamakan dengan situasi yang ada dalam rahim yang meliputi sang janin.

Kebanyakan kasur air yang diproduksi belakangan ini, memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut:

- Total Body Support. Tidak seperti kasur konvensional yang menciptakan "pressure point terhadap wilayah tempat konsentrasi berat tubuh terbanyak, kasur air dapat beradaptasi dengan berat dan bentuk tubuh Anda.
- Soothing Therapeutic Warmth, menyediakan kehangatan yang dapat merelaksasikan otot-otot Anda yang terasa kaku.
- Medical Facts and Findings. Kasur air sudah banyak digunakan di rumah-rumah sakit di Amerika, Eropa dan Australia. Data yang didapat, keuntungan terapetis dari tidur terapung ini semakin hari semakin terlihat terihat, yaitu:

1. mempercepat relaksasi, meringankan otot yang kaku serta melepaskan ketegangan.
2. secara umum meningkatkan kemampuan untuk segera jatuh tertidur.
3. Memungkinkan tidur dalam periode yang lebih lama, dengan gerakan atau kemungkinan terbangun kembali yang relatif lebih kecil.
4. Menimbulkan perasaan santai di pagi hari dan membantu mengurangi pegal-pegal di pagi hari.
5. Tidak merusak sirkulasi darah atau menyebabkan sakit ketika berbaring.
6. Kasur air memungkinkan wanita hamil untuk dapat tidur lebih nyaman, terutama untuk kenyamanan perut mereka.



Jenis ranjang lain:

1.Four-poster bed, ranjang 4 tiang
Spoiler for image:

2.Bunk beds, ranjang bertingkat
Spoiler for image:

3.Futon, tempat tidur orang Jepang
Spoiler for image:

4.Single bed, ranjang tunggal
Spoiler for image:

5.Divan, ranjang tak berkaki
Spoiler for image:

6.Double bed, ranjang dobel
Spoiler for image:

7.Hammock, tempat tidur gantung
Spoiler for image:

8.Sofa bed, ranjang sofa
Spoiler for image:


Spoiler for TS Menerima:
buat buka puasa gan

Spoiler for TS Menolak:

No comments: