Sunday 4 September 2011

Tukang AC bilang freon anda kurang? Jangan Percaya !!

 

sekedar sharing aja gan

Freon termasuk teknologi bandel yg tak perlu di isi ulang dan tidak akan pernah abis selama tidak ada kebocoran. Apalagi jika AC anda beli baru dan belum lama umurnya dan dari merk terkenal (you know lah, masak kudu diperjelas sih), maka kecil kemungkinan terjadi kebocoran dimaksud.

Tukang AC ngomong freon anda kurang itu cuma akal akalan aja utk nyari duit tambahan (50rb). AC jaman sekarang itu bandel2x, sangat awet, cuma perlu di cuci aja tiap 6 bulan sekali (40rb).


foto cuma ilustrasi, bukan tersangka

Justru kalo AC anda di vonis kurang freon, padahal AC anda dari merk terkenal, belum lama umurnya, baru beli; itu sama aja menuduh AC anda gampang rusak. Kalo usia AC nya udah jadul banget, beli di jaman Soeharto waktu masih muda dan ganteng, boleh lah ngomong freon kurang. Tapi kalo AC jaman sekarang mah kecil kemungkinan bocor freon.

Kesimpulannya, jika tukang AC ngomong freon anda kurang, abaikan saja. Kecuali anda yakin usia AC anda sudah sangat tua dan memang curiga freon nya bocor, maka AC nya kudu di copot dan dibawa ke gudang mereka utk di las/tambal, bukannya isi ulang freon.

Freon bocor solusinya di tambal, bukan isi ulang freon nya. Dari situ aja udah keliatan bohong nya kan tukang AC itu ????


Quote:
Originally Posted by indrajayy View Post
punya ane dah lama belon pernah servis lho,,,,
masih dingin kok,,,
jangan seneng dulu gan
coba cek blower kipas nya, dengerin suaranya, kalo meraung raung itu artinya perlu di cuci AC indoor nya, suara keras itu terjadi karena kerja extra melawan debu yg ada didalam AC indoor nya


Quote:
Originally Posted by 1april2010 View Post
berarti selama ini gw ditipu
brengsek




just my opinion

1april2010

________
smua org yg punya AC pasti pernah ketipu kayak gitu gan

Quote:
Originally Posted by koncorono View Post
kalo di selang kompresor ada warna putih salju gimana ?
kalo ada putih salju, biasanya di barengi dgn AC tidak dingin, trus selang pembuangan air nya gak netes air nya, itu berarti ada masalah sama jenis freon nya. freon abal abal itu gan, tidak sesuai spec pabriknya. freon yg asli harganya mahal, dan tidak akan pernah habis. kode freon AC rumah yg benar adalah R22, pastikan tukang servis nya utk memperlihatkan tabung freon dan memastikan kode nya R22. freon diluar kode itu berakibat sering abis dan kudu di isi ulang (akal2xan tukang AC utk dapat repeat customer); kemungkinan lain kalo freon nya OK, berarti ada masalah sambungan yg perlu di setel ulang

Quote:
Originally Posted by Evilliv3 View Post
AC ane perasaan cuman dingin bentar pas baru dibersiin, beberapa hari kemudian gak berasa lagi, padahal merk pa***onic ..
see above

Quote:
Originally Posted by Uzopz View Post
ane gak pake freon gan
selama ini cuman make yang nama nya Musicool ane buktiin sendiri lebih adem dari pd freon ane yang lama dulu ngisi nya cuman sekali itu pun 4 tahun yang lalu sampai sekarang tetep adem
ac ane p***soni* yang g***ric
wah baru tahu ane tuh
tambahan lagi, kalo takut soal freon, jika anda belinya di toko elektronik besar kayak Elec%%%%%City dan sebangsanya, mereka udah included jasa isi freon, dan di jamin asli freon nya, bukan abal2x yg bikin anda kudu isi ulang freon melulu.
ATAU, minta tolong sama org yg jual AC ke anda itu utk kirim orang freon, biasanya mereka gak akan bohong, apalagi kalo belinya di FJB kaskus, hehehehehe, atau di nego aja saat pembelian AC utk include jasa maintenance termasuk freon ini


Quote:
Originally Posted by iben4u View Post
memang bener agan ini...freon di ac baik rumah maupun mobil sebernya ngga bisa habis...
habisnya freon terjadi karena kebocoran saja
nice share gan
Quote:
Originally Posted by w2dt View Post
cuma usul aja gan, kalo emang c teknisinya bilang "pa/bu AC anda kurang Freon/Refrigerant..",
coba agan pastiin/minta bukti nya :
1. Minta cek'n Arus Motor Compressornya yg ada di Outdoor Unitnya (pastikan Amperenya harus sama dengan nilai yg di name plate Outdoor unitnya).
2. Pastikan Arus Motor Compressornya yg ada di Outdoor Unitnya tidak kurang/lebih.
3. Minta cek'n kebocoran di sambungan2x pipa pake air sabun.

segitu aja dulu, kl emang berguna silahkan di aplikasikan..
nice share gan

Quote:
Originally Posted by sibibip View Post
Ane kemaren abis bersih bersih kamar...
sekaligus sedot debu debu di kamar pake vacuum cleaner..

nah.. sekalian tuh ane sedot filter di AC yang udah tebel debunya
dan ane ga semprot atau cuci sama sekali lho..

walhasil itu AC duingin lagi..!!

padahal cuman di sedot aja pake vacuum cleaner lho gan
kurang afdol gan
debu nya ada yg nyelip di dalam membentuk semacam kerak yg mustahil bisa kesedot pake vakum
pake vakum cuma menunda masalah aja, cepat atau lambat kudu di semprot pake air gan


Quote:
Originally Posted by N.A.T.O. View Post
untung ane uda pnya gganan yg baik bgt gan orangny.... no tepu..
semua kalo ada maunya mah baik gan
tukang AC ane juga baik banget, gak taunya


Quote:
Originally Posted by Crazynine View Post
ckckc klo misalnya ac ane dibersihin kan jadi dingin tuh,terus beberapa minggu kemudian udah kgk dingin lagi itu napa yak ?? ,terus dibersihin lagi ,bahkan schedule bersihin ac ane setiap 2 bulan ckck
penyebab AC tidak dingin:

1. bocor, tinggal lihat gas presurenya atau ketika baru isi freon akan dingin tetapi tidak lama kemudian (bisa jam/hari/bulan) tidak dingin lagi. mencari dimana yang bocorlah yang sulit karena bocornya bisa dibeberapa tempat bila kondisi ac sudah tua.

2. mampat, kalau tekanan dari salah satu pipa dari compressor (lupa pipa in atau out) tidak tinggi, biasanya montir akan menutup pipa ini pakai jari, kalau oli tidak sampai menyembur2, berarti ada yang mampat. mencari dimana yang mampatlah yang sulit, entah di tabung, expansion valve, compressor. mampat adalah kondisi wajar utk ac yg: jarang dipakai, tabung tidak pernah diganti, oli tidak pernah dikuras, compressor tidak pernah diservice. Utk hal ini kondisi dari komponen2 diatas harus dibersihkan.

3. evaporator kotor, ciri sebelum "macet total" adalah kalau ac tercium bau asam berarti evaporator mulai kotor dan sudah saatnya dibersihkan.

4. compressor yang lemah, tinggal dilihat tekanan kompresinya. kalau lapisan teflonnya (istilah saya sendirinya utk menyebut pelapis piston compressor yang berwarna abu-abu) sudah habis maka compressor sudah tidak bisa dipakai lagi.

5. expansion valve lemah, ciri expansion yg sudah lemah adalah tidak terdengarnya suara mendesis (cukup lama) ketika ac baru dinyalakan. expansion valve tidak bisa diperbaiki, banyak montir yang mencoba membersihkan dan menyetel, memang sebentar ac akan dingin tetapi tidak lama sudah tidak dingin lagi. gantilah pakai genuine part yg sesuai karena yg tidak genuine umurnya singkat sekali padahal ongkos membongkarnya mahal.

6. membeku, terlihat kasat matadari pipa yang membeku. pembekuan terjadi biasanya karena thermostat tidak bekerja baik, tekanan kurang, atau freon yang kurang.


Quote:
Originally Posted by noidkubagus View Post
kenapa ini thread seakan2 generalisir semua service AC kaya gitu ya?

bokap ane punya bengkel AC, dan bokap ane bukan tipe bgini, bokap selalu bilang apa yg jadi kerusakan dan apa yg harus dibenerin. ga pernah punya pikiran akal2in customer.malah keseringan dibayarnya kurang karna bokap ane orgnya ga enakan.

hasil kerja bokap ane, buat nyekolahin ane sama kakak ane sampe sarjana.

silahkan agan bikin thread disini, tp jgn bikin thread yg generalisir gan.. biar ada info berimbang.

taro depan biar imbang gan
iya sich gak semuanya gitu, mungkin kondisinya perlu ditambah, terutama buat tukang AC yg gak ngejelasin kayak gitu, cuma vonis freon kurang, gitu aja gan. generalisasi sich gak, cuma udah manggil tukang AC dari 2 sumber, keduanya begitu semua gan. intinya kalo freon kurang/bocor, trus tukangnya ngasih solusi isi freon, kita udah kudu curiga, karena solusi yg benar adalah, AC di copot dan di bawa ke bengkel dia, bukannya isi freon (solusi sementara)

Quote:
Originally Posted by outcold View Post
Setau ane kl bocor yg ditambal ato diganti... Saran dr ane sih pake tukang service langganan yg terpercaya, klo nga ya minta rekomendari teman yg bisa dipercaya.
justru itu rekomendasi teman yg terpercaya gan

Quote:
Originally Posted by taretan1 View Post
ane nimbrung gan..

bisa aja gan!!!
- kurang freon karna sambungan pipa dari evap (yang didalem kamar agan ) ama condesor ( yang diluar ) kurang bagus. tergantung gimana teknisi waktu masang nya gan.
- kurang freon karna keseringan di check pressurenya waktu nyuci gan

cara yang bener ya suruh tuh tukang cuci acnya ngukur arus pake tang ampere.. (kalo dah sesuai ma tulisan yang ada di evap gak perlu nambah)

ane pernah sedikit belajar gan..


page one gan!!
Quote:
Originally Posted by cekink View Post
Biasa nya klo dah gak dingin katanya kurang freon katanya
bohong itu gan
cukup di semprot cuci aja udah cukup
dijamin dingin lagi


Quote:
Originally Posted by andri46 View Post
gan..gan mau tanya saia nya : kalo AC saia dirumah asal udah umur sebulan,,selalu ngeluarin air-a didalam rumah bukan keluar rumah,,itu knapa,,,gann : bantuin ya gan
ada debu didalam yg bikin mampet saluran pembuangan air, makanya netes nya ke dalam, biasanya ciri2xnya suara blower nya juga keras
solusinya? cuci aja gan, panggil tukang, yg dicuci kudu 2 unit, ac indoor dan outdoor nya juga, kalo masih belum ilang problem nya, berarti ada masalah instalasi yg butuh perhatian lebih dari sekedar cuci doank


Quote:
Originally Posted by mezzaluna08 View Post
ciri2 klo bocor gimana gan? walah, sepertinya banyak yang ketipu deh
buka ac outdoor nya, olesi air sabun di selang2x nya, liat ada gelembung apa gak, kalo ada berarti ada kebocoran

Quote:
Originally Posted by F2U View Post
Freon itu obat AC ya gan sekali isi biasa ratusan ribu tuh

freon asli bisa ratusan ribu, freon palsu murah sekali, cuma 50rb. kalo mo ngetest tukang AC nya jujur apa gak, gampang, tanya biaya isi freon nya berapa?

Quote:
Originally Posted by X8X View Post
berarti banyak tukang ac akal2an dong nih
tidak semuanya gan, jangan di generalisir, trit ini cuma bertujuan meningkatkan kehati-hatian kita sebagai konsumen

Quote:
Originally Posted by henkyvy View Post
wah bener bener untung yang ada kipas angin dirumah
sebenarnya kipas angin itu gak bagus utk kesehatan, itu sama seperti ngepush debu ke paru paru kita
liat aja filter mobil yg menjembatani udara luar vs dalam ruangan, kudu dibersihkan kan? item nya ruar biasa, nah sama tuh kalo pake kipas angin prinsipnya.
ganti AC aja gan, yg murah khan banyak, jangan beli yg keluaran terbaru, pasti mahal lah
AC kebalikannya gan, justru dia nyedot debu di ruangan itu, jadi lebih sehat buat manusia


Quote:
Originally Posted by warungjakarta View Post
sekedar info, jenis freon itu ada 2.
1. freon untuk percobaan (lupa kodenya). (biasanya dipake klo ada kebocoran. diisi pke freon ini, buat di cek, dimana kebocorannya, supaya g buang2 freon yang beneran)
2. freon beneran (R22).
nice share gan

Quote:
Originally Posted by diegoansav View Post
Oh baru tau ane... Jd klo kurang dingin dsb itu,perlu pengecekan mungkin bocor ato kotor... Tapi gan? Tukang AC mana yg mau jujur skrg? Huff... Nyari tukang AC jujur skrg agak susah...
ane udah ganti tukang 2 kali, ini sekarang aja masih nyari lagi, belum nemu, mngkin nanti kalo udah dekat waktunya baru nyari beneran

Quote:
Originally Posted by RofiAzhiApi View Post
ternyata tukang ac ada yg kaya gtu ya
ane sebagai calonnya jadi ane harus jadi tukang yg jujur
1kg freon = 50rb = 5 AC
kalo tiap AC di palakin 50rb, untungnya itung sendiri tuh
modal 50rb, balik modal plus profit 200rb netto
untungnya gede buanget, pantesan pada semangat nawarin isi freon ulang dgn berbagai alasan


Quote:
Originally Posted by abuVulkanik. View Post
nama nya orang kerjaemang . . . asal narik ongkos nya masih wajar kan bukan masalah
caranya gan, caranya

Quote:
Originally Posted by mrkz View Post
yasudahlah gan. namanya juga mereka cari duit buat kasi keluarga makan. lo jg kalo jadi dia pasti nipu2 jg kan lo
WEKEKEKEKKEKEKEKEKEK
kerusakan manusia dimulai dari ketidakjujuran

Quote:
Originally Posted by kerlapkerlip View Post
Waaah selama ini ane diboongin tukang AC donk ya? Soalnya tiap cuci hampir disuruh tambah freon terus padahal orang ACnya beda2, ane kira emang AC ane yang bermasalah jadi bukan oknum, eh gak taunya semua rata2 begitu...

Mantep infonya Gan, makasih Gan!
bukan ane loh yg ngomong

Quote:
Originally Posted by ep1cflyer View Post
Boneng gan, tapi nggak sepenuhnya bener. freon memang nggak akan habis kalo nggak bocor. tapi yang jadi masalah adalah kualitas pipa ac jaman sekarang ngga sebagus dulu alias tipis, jadi sangat besar kemungkinan adanya kebocoran yang sangat halus dan nggak akan terlihat walaupun dicek pake sabun. untuk ukuran normal tekanan pada pipa hisap freon biasanya antara 60 s/d 90 psi pada saat beroperasi. ac yang baru keluar dari pabrik biasanya bertekanan 90psi.
Jadi belum tentu juga kalo tukang ac bilang freonnya kurang itu berarti bohong, apalagi berburuk sangka itu dosa. yang dianggap wajar itu adalah minimal 18 bln dari baru atau dari terakhir kali penambahan freon.
Dan beku atau ice ing itu bukan tanda dari buruknya freon, beku itu terjadi karena turunnya tekanan freon sampai dibawah 60psi yang disebabkan karena, indoor sudah terlalu kotor sehingga menghalangi pertukaran kalor pada evaporator, atau memang kurang freon.
So supaya nggak dibohongin dan mengetahui freon kurang apa ngga, pehatikan setiap setelah ac dibersihkan/dicuci tunggu 10 menit kalo pipa pada ac masih beku berarti freon memang kurang. kalo bekunya ilang tp tukang ac bilang freonnya kurang, usir aja gan!!!
Musi cool emang bagus gan selain ramah lingkungan juga lebih hemat energi, tapi agan jg mesti hati hati ya... karena musi cool berbahan dasar Hydro carbon, hampir mirip dengan LPG yang ada di dapur. jadi kalo ada yang bocor buruan matiin listrik ama sumber api yang ada di dekat tempat kebocoran.
Sekian gan semoga bermanfaat, cuma share aja gan kebetulan ane orang teknik. kalo ada yang mau ditanyain PM aja gan pasti ane bantu. Taro Depan ya Gan
betul gan
ane tolak tuh usulan mereka utk ganti freon, la wong udah normal lagi kok
sekarang ane lagi siap2x cari tukang baru, karena yg itu udah ke gep sama ane
nice share gan


Quote:
Originally Posted by ILoveYunita View Post
punya saya juga sampai berbunyi gitu gan,..emang udah rusak apa yag servis yang rusakin
suara berisik = masalah
panggil tukang aja gan


Quote:
Originally Posted by Loch_ness View Post
iya sih gan, yang aneh ac ane waktu itu dibilang kelebihan freon, jd ngga dingin.
ngakak nguling nih baca yg ini

Quote:
Originally Posted by pusingkepalaku2 View Post
pernah kejadian juga ni si tukang ac setiap dipanggil service ( yang seharusnya cuma cuci doang) jadi mesti isi freon melulu terus

sampe terakhir x pernah pake acara bo'onging pake di buang apanya gitu yang bikin ampe compressornya rusak, al hasil tu orang ac nya udah gak pernah dipake lagi,

n selidik punya selidik, ternyata tu orang emanng udah terkenal nakalnya
kalo udah keseringan digituin, lama lama bisa punya pikiran "perasaan sy manggil tukang AC deh, bukan tukang freon"

Quote:
Originally Posted by andreedoanks View Post
Nice info gan.. Ruamayan 50rb klw per 3bln sama aja 200rb pertahun terbuang percuma sm tukang ac..
200rb itu gede loh gan, apalagi rutin ngasih nya hehehehehehe
jangan mau di kadalin gan


Quote:
Originally Posted by anak.kemilink View Post
pada dasarnya Freon itu logam yg mampu meregenerasi pembentukan suhu, walaupun penggunaan freon dalam jangka waktu yg lama, freon tetap bisa digunakan untuk membantu pendinginan suhu tsb, gitu gan...
freon-11 dan freon-12 yg biasa digunakan itu kan PENYEBAB Global Warming, soooo... berhenti ditipu sama tukang ac gadungan yg bilang isi freon itu habis, kalau ada kebocoran move it n repair it.. bukan di isi freon, abal-abal lagi bukan freon 22, gituhhh
nice share gan

Quote:
Originally Posted by psychophat67 View Post
wah bener tuh gan
kebetulan ane maintenance gedung, biasanya nanganin AC gedung juga
menurut ane, selama AC ga dipake nonstop, itu sangat minim sekali kebocoran
kalo biasanya yang terjadi di gedung tempat ane kerja, kebocoran itu terjadi karena sering dipake nonstop
terus kalo misalkan agan punya AC, kalo tukang AC lagi servis usahakan saat mengecek pressure freon didampingi
terus tekanan pressure yang ideal biasanya
low press : 60 Psi dan high press : 120 Psi
kalo low pressurenya turun, berarti pada tabung freon atau pipanya telah terjadi kebocoran
sementara itu yang ane tau


CMIIW
nah ini contoh tukang AC yang positive thinking dan rekomended kalo seandainya tau no telp nya. sekali lagi ane tegaskan, trit ini tidak mengeneralisir ya? buktinya banyak juga kok 'tukang AC' yang kasi masukan bagus di trit ini tanpa merasa terzolimi oleh trit ini. kalo mau menarik simpati konsumen, agan ini yg ane salut. faktanya di lapangan kayak gitu kok org org nya, jadi kita perlu lebih banyak org org kyk agan satu ini.
PM no telp agan donk, hehehe

47 comments:

Unknown said...

Ac saya dinginya mengikuti cuaca gan apa ya yang rusak

Unknown said...

Thks info ny... Sy ad lg 0.5pk yg pipa kecil outdoor ny ngeblok ice...indoor dh ykin bersih...freon bocor or apa y? Thks fdback ny...

Unknown said...

gan kenapa ac saya sering mati dan hidup lagi,padahal suhu ruangan gak dingin?

Unknown said...

gan kenapa ac saya sering mati dan hidup lagi,padahal suhu ruangan gak dingin?

dHewiE said...

Halo gan.. mau tanya ni gan.. ac ane netesin air di bawah ac nya.. jd ane panggil tukang cuci ac.. wkt dicuci tukang ac nya blg mesti ditambah freon... krn ac ane atas nya dingin (katanya ada ice nya) bawahnya gk gan.. dan katanya mestinya harus sama... tp ane abaikan gan.. ane mau lihat dl.. kl ada netes lg ane br isi.. ini si 3 hr sudah tp gk netes air lg.. jd kira2 benar gk ya gan kata2 tukang ac ane? Apa perlu ane isi freon? Pdhl br 10 bln ane isi loh gan..tq

Unknown said...

Yang bilang ac sekarang bagus2, bandel, g kaya ac lama djaman soeharto siapa.
Coba jelaskan secara real, saya mau tau ilmu anda seberapa

Unknown said...

Yang bilang ac sekarang bagus2, bandel, g kaya ac lama djaman soeharto siapa.
Coba jelaskan secara real, saya mau tau ilmu anda seberapa

Unknown said...

Gan, ane baru cuci ac 4-5 hari, abis itu skrng waktu idupin acnya kipad di ac outdor nya brisik bgs kaya ad yg copot.trus bergetar...kira2 itu emang ac ny yg mau rusak atau tukang ac yg gabener????

mitha said...

Wah berarti saya baru aja di tipu dong.barusan aja saya service ac dan tukang acnya bilang freonnya kurang..ya namanya ce iya2 aja percaya totalnya dia bilang 75 ribu plus biaya service 50 ribu...dan masih saya tambahin karena kasihan liat mas2nya...terlepas dr dia udah bohongin masalah freon...urusannya dia sama Tuhan..tapi liat thread itu next time saya jadi tau gimana harus ngadepin tukang ac kalo pas lagi bersihin dan bilang masalah freon lagi.

Anonymous said...

aku juga kena tipu tukang ac.ac ga dingin padahal baru setahun pasang.tukang service bilang freon kurang.nurut aja di tambah freon nya.eh betul dingin,tapi cuma sehari.akhirnya panggil tukang ac yg lain.dn mengejutkan katanya kebanyakan freon.dan katanya jadi buntu.trus di suruh ganti outdoornya.kebetulan mereka bawa.udah aku turuti lagi.ga sampe sebulan sdh ga dingin lagi.kalau di hitung2 2 x service udah habis 1,7 jt.dasar sial.begitu aku coba bersihkan semua yg outdoor dan indoor eh malah dingin.

Riana said...

Saya juga barusan ngomel nih, complain ke perusahaan service ac. AC saya samsung 1pk, baru dipasang belum ada setahun. Pemakaian normal, nyala biasanya malam saja. Baru lima bulan yg lalu service cuci pertama kali, teknisi Cahaya Abadi Technic dr fatmawati bilang harus tambah freon (alasannya ac baru keluar toko memang freonnya gak dikasih full). Saya lupa persisnya brp tp lebih dr 40psi dia isi. Lalu hari ini service kedua juga begitu, dia bilang harus isi freon lg 40psi, yang harga 10psi nya 40rb, total 160rb untuk freon saja diluar jasa 65rb. Saya tanya kan baru kmrn isi freon. Dia bilang kalo AC split memang begitu, biasanya isi freon: tiap 3 bulan sekali. Tadinya saya gak mau isi tp dia kekeuh bilang kl freon kurang nanti AC rusak. Sebagai orang awam saya kurang ngerti masalah teknik jadi diiyakan aja. Lalu sesudahnya saya tanya saudara, dia bilang paling jarang isi freon, paling rutin cuci aja. Bahkan udh setahun gak ditambah lg freonnya. Ditambah saya googling banyak artikel yg bahas ttg teknisi AC yg nakal. Merasa kurang puas saya tanya ke atasannya teknisi tadi via telp, Pak Andi namanya, penjelasannya juga sama kl AC split memang harus tambah freon terus. Tapi setelah saya banyak complain ttg penjelasannya yg kurang masuk akal, dan saya bilang ke dia masak saya harus keluar uang 200rb lebih setiap service, dia pada akhirnya bilang kalo next service gak perlu tambah freon lg. (sedangkan sebelumnya teknisi yg datang bilang 3 bulan sekali harus tambah freon). Lah kok beda jam bisa beda2 statementnya? Mas2, mbok ya kl mau cari uang tambahan itu yang halal, jangan begini caranya..

Unknown said...

Bulan april ac sy mengkristal saran tukang ac hrs solusinya hrs isi freon dg hrg 100rb.nah bulan mei ac sy mengkristal lg,tukang ac blg ad kebocoran freon dan solusinya hrs isi freon lg 100rb.ini pertengah bulan juni ac nya sdh mengkristal lagi.masa tipa.bln sy hrs isi freon dan g ad solusi dr tukang ac knp ac sy terus menerus mengkristal dan jd g dingin.ada yg tau knp ac sy bermasalah terus?

Unknown said...

thanks infonya gan. artikelnya mantap (y). salam kenal dari Service AC Surabaya, Service AC Sidoarjo

Unknown said...

Gan mau tanya kalau Ampere nya normal tapi saat di ukur PSI nya ngk bisa kenapa ya??? AC panasonic 3/4

Unknown said...

Kalau kurang freoon solusinya harua di chek kebocoran pada pipa neng Freon ac ngk bakalan Habis kecuali ada kebocoran dan solusi nya harus di lakukan perbaikan.

Unknown said...

ac skarang ga bandel gan... tp nakal.... setahu ane yg bandel tuh ac2 dlu

Unknown said...

Saat di cuci prtama kali sdh trlanjur nurut sama teknisi nya utk tambah freon. Itu gmana ya. Apa malah menyebabkan ac nya rusak? klo iya solusi nya apa? makasih sblm nya.

Unknown said...

Manusia bijak adalah manusia yang bisa menjadikan kritikan sebagai cambuk untuk kemajuan dirinya dan usahanya.
Dan org yg mengkritik,gk da hak untuk memfonis seseorang itu salah atw gk?bohong atw gk?semua itu dilihat dari kondisi dilapangan.

Unknown said...

Contoh:tukang Ac bilang "Ac ibu/bpk kurang freon.saat divek dgn alat mmg kurang freon.harusnya tukang Ac nya tanya.kapan terakhir diservis?kapan terakhir dicuci?kapan terakhir diisi freon?
Dr situ kita bisa prediksi,kira2 apa yg hrs kita lakukan.
Sorry gan,itu yg biasa sy lakukan.kebetulan itu yg biasa sy lakukan.

Unknown said...

Mau nanya nih, kata tukang ac saya yg bocor itu keni pipa yg nyambung ke kompresor karena disitu ada bekas oli. Katanya lagi harus diganti keninya, bentuknya yg kayak baut gitu dan biayanya 650ribu sudah termasuk freon. Betul apa eg sih keni / baut kyk gitu bisa bocor? Dan biayanya kok aduhai y? Mohon infonya dong guys, help

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Rata2 tukang AC skrg andalannya cuma isi freon..Pernah sekali panggil Service AC tuk cuci aja...tehnisi nawarin harus isi freon..Sy tolak muka masam...Lha acx dingin koq....Hehehehe....Ada ngg recomendasi Service AC di kota makassar yg jujur?Mksh atas infox gan

Unknown said...

Gan minta donk pendapatnya.
Saya pakai Ac merk LG uda 6 tahun lah .
Jadi ac ini indoor nya keluar air gitu.
Dan mengeluarkan bau kurang sedap.Lalu saya panggil tukang servis nya .

Setelah di chek ternyata indoor dengan sabun keliatan 3 titik kebocoran.
Dan freon nya jika di isi ulang dlm beberapa menit freon bkurang.
Mereka bilang freon saya bocor.

Dan kalo diperbaiki komponen indoor ini sangat sensitif jika dilas bisa nanti nya menyebabkan kebocoran di lain titik.


Menurut gan gimana ya baik nya.
Apa perlu dibawa keservis centre LG
Atau baik nya ganti baru aja .
Makasi gan .

Unknown said...

Gan minta donk pendapatnya.
Saya pakai Ac merk LG uda 6 tahun lah .
Jadi ac ini indoor nya keluar air gitu.
Dan mengeluarkan bau kurang sedap.Lalu saya panggil tukang servis nya .

Setelah di chek ternyata indoor dengan sabun keliatan 3 titik kebocoran.
Dan freon nya jika di isi ulang dlm beberapa menit freon bkurang.
Mereka bilang freon saya bocor.

Dan kalo diperbaiki komponen indoor ini sangat sensitif jika dilas bisa nanti nya menyebabkan kebocoran di lain titik.


Menurut gan gimana ya baik nya.
Apa perlu dibawa keservis centre LG
Atau baik nya ganti baru aja .
Makasi gan .

Unknown said...

Gan minta donk pendapatnya.
Saya pakai Ac merk LG uda 6 tahun lah .
Jadi ac ini indoor nya keluar air gitu.
Dan mengeluarkan bau kurang sedap.Lalu saya panggil tukang servis nya .

Setelah di chek ternyata indoor ketika disapukan dengan sabun keliatan 3 titik kebocoran.

Dan freon nya jika di isi ulang dlm beberapa menit freon bkurang.
Mereka bilang freon saya bocor.

Dan kalo diperbaiki komponen indoor ini sangat sensitif jika dilas bisa nanti nya menyebabkan kebocoran di lain titik.


Menurut gan gimana ya baik nya.
Apa perlu dibawa keservis centre LG
Atau baik nya ganti baru aja .
Makasi gan .

Unknown said...

Gan minta donk pendapatnya.
Saya pakai Ac merk LG uda 6 tahun lah .
Jadi ac ini indoor nya keluar air gitu.
Dan mengeluarkan bau kurang sedap.Lalu saya panggil tukang servis nya .

Setelah di chek ternyata indoor ketika disapukan dengan sabun keliatan 3 titik kebocoran.

Dan freon nya jika di isi ulang dlm beberapa menit freon bkurang.
Mereka bilang freon saya bocor.

Dan kalo diperbaiki komponen indoor ini sangat sensitif jika dilas bisa nanti nya menyebabkan kebocoran di lain titik.


Menurut gan gimana ya baik nya.
Apa perlu dibawa keservis centre LG
Atau baik nya ganti baru aja .
Makasi gan .

Fajar Ahmad said...

Artikel di atas memang sudah jelas sekali, sebaiknya kita harus berhati-hati apabila pendingin rumah anda bermasalah, sebaiknya anda cek terlebih dahulu, agar terhindar dari teknisi yang nakal.

stretch film said...

Sebaiknnya apabila ada kerusakan di mesin pendingin, alangkah baiknya anda cek terlebih dahulu, dan mencari pengetahuan dulu, jadi, apabila pada saat mesin pendingin anda di benarkan. maka anda sudah mengetahuinya. Dan sebaiknya kalau bisa mesin pendingin selama sebulan sekali kita service, gampang ko hanya memerluka plastik, pakum, air dan deterjen saja. Sama seperti gambar yang telah ada di atas.

Jakar said...

Hindarilah teknisi yang nakal, yang suka mengada-ngada kalau freon itu habis, sebenernya kenapa freon habis itu disebabkan dengan bocornya pipa. Apabila kenapa ac kita tidak dingin, mungkin disebabkan dengan kotornya di bagian indoor, sehingga kita harus membersihkannya saja.

Anonymous said...

Waahh ini sama kayak saya neh masalahnya. Tadi dia jg bilang kata katanya sama persis. Cuma saya bilang bersihin dlu aja deh bang, soalnya duitnya lagi gada. Neh saya lagu test dinginnya. Kayaknya dingin nya agak lama deh. Apa itu ngaruh ya???

Fariel said...

Mau tanya dong,saya hari jumat kmren baru service ac dan nambah freon,karna dia bilang freon nya berkurang banyak,dikasih lihat sih ke saya,tapi kan saya ga ngrti apa2.. trus dia blg ini saya tmbh dlu nnti bbrpa hri kedepan klo engga dngin sruh kabarin,dan brti ada kebocoran difreon nya.. dan bener aja hbis di service ttep ga dngin juga,trus suka turun listrik klo nyalain ac,dan indoor nya klo di nyalain ada suara kaya krincingan gitu,kenapa ya?? Lgi tggu org nya dtg tpi blm ada kbar lagi,katanya harus di pindah posisi ac indoor nya biar agak aman,gitu dia bilang.. galau jdinya hrus gimana dong,tlong bantu jawab buat emak2 yg ga ngrti mslh ac ini😑

Unknown said...

Dikerjain itu gan... Parah tuh

Unknown said...

Artikelnya sangat membantu sekali..

Maaf numpang promo, gak bermaksud buat spam..!!
Untuk yang mempunyai masalah dengan AC di rumah maupun dikantor
Silahkan klik link di bawah ini...
service ac ciputat

Unknown said...

Hihihihi
Ac ane udeh 5 tahun g isi preon gan, tapi isi refrigrant,
Hihihihi
Btw klo preon bagus g berkurang y gan,
Klo preon jelek tp g ada kebocoran itu berkurang gan??

Terus menurut agan bagusan ac produksi tahun akhir2 ini dari pada produksi ac tahun 1990 atau awal 2000an???
Jelasin dong gan bagusnya dimananya?????

Unknown said...

Ane mau nanya gan. Minggu lalu ane panggil tukang ac buat bersihin ac. Singkat cerita dateng lah dia bersih2. Berhubung ac outdoor ane diatas genteng. Ane gak bs liat dia ngapa ngapain. Tb2 ane ditembak selangnua sudah beku penuh bunga es. Harus isi ulang freon. Karna ane gk ngerti ane iya iyain saja karna emng udh hanpir 1 tahun ac gk ane bersihin. Tau tau dia turun langsng nembak harga isi ulang freon 250k sm jasa bersihin 50k. Ane kaget musti bayar 300k. Seumur2 baru kali ini ane nemu beginian.
Besokanya ane ngerasain ac ane kok jauh lebih dingin ketika sblm dibersihin, dan skrng ac ane jd berisik suara geter2 gitu kenceng. Sebenarnya ac ane diapain yah sm tu tukang ac.. mohon informasinya ya gan. Soalnya ane jd kwalahan sm ac ane skrng sblm dibersihin aman2 saja btw ac ane merk smsn*ng

Unknown said...

Menurut ane, coba perbaiki dulu gan tapi cari tukang yg jujur, klw terlalu besar biaya nya ganti baru aja gan.

Slamet supriyadi said...

Gan mau nanya,kalau isi freon patokan utama ampere atau tekanan.
Nah jika tekanan dah maksimal tapi ampere belum tercapai,apakah harus dikejar sampai maksimal sesuai di nameplate.
Ampere nameplate 1,9 diukur pake tang ampere baru 1,7 tapi tekanan dah 100psi .gimana gan....

DKI SERVICE - Spesialis Reparasi Aneka AC Kulkas dan Mesin Cuci said...

Saya tukang ac dan saya sering skali nemuin ac yg Kurang freon,.. saya tdak setuju dgn anda bilang kalau ac tdak prnah kurang freon, lalu utk apa pabrik ac bikin ac pakai pentil pngisian freon?? Laalu utk apa orng pabrik jga bikin manifold utk pngisian freon ac..??

Iyan cervis said...

Betul ni orang sok pintar banget

Iyan cervis said...

Klo AC preon nya gak pernah abis,,,gak bakal laku donk tukang jual gas preon,,,

Unknown said...

Cari tukang AC yang jujur susah susah gampang...😂😂

Anonymous said...

sharing aja gan, Terkadang klo saya di panggil ke rumah" costumer tuk nyuci AC aja ya saya lakukan sesuai permintaan costumer tersebut tanpa berpikir brapa duit yg saya dapatkan dari costumer asal di syukuri aja..
Tp kenapa stiap di setor ke bos'ku malah yg ada di marah"in hingga di caci maki katanya kerjamu nggak becus..
tetapi setelah beberapa hari kemudian di komplain lagi katanya kok kurang dingin ya ??
padahal dha saya cek freon'nya normal & tak ada kebocoran juga, tau"nya masalah di stelan remot yg kadang salah nekan tombol mode aja akhirnya saya bantuin seikhlasnya walaupun sudah kecapean pas pulang malam" nggak bawa duit ke bos gtu aja kena caci maki pula..
menurut kalian para customer :
Apakah jadi seorang teknisi yg sudah terbiasa hidup jujur itu salah ya ??
Apakah ini yg dinamakan siap kerja di bawah tekanan ??
Skali lagi saya tekan'kan, jangan asal percaya omongan teknisi jaman'Now yg sering melakukan tipu muslihatnya tuk dapatkan uang saku lebih..
salam hormat dari saya, seorang teknisi AC + Freon & elektronik lainnya..
salam Papua Damai ������

Unknown said...

AC saya mrek Sharp 1,5pk..AC go dingin pipa kecil baku..pdahal Bru 3 Minggu hbis isi freon

Unknown said...

Nyimakkkkk

paket wisata medan said...

Mas, AC di kamar saya SHARP..
Tiba-tiba Error E2
Gimana solusinya Mas?
Terima kasih

Ajeng Ay said...

Kalau gini gimana? Sebelum cuci, ac diangka 22 aja masih dingin banget. Seelah di cuci angin yg keluar kurang nyezz. Saya tunggu sampai esok hari masih aja kurang dingin. Nanya ke tukang cuci kmrn katanya musti cek freon. Tp masa habis cuci jd ga dingin. Pdahal sebelum cuci masih duingin. Apa lrn di cuci jd bisa bikin freon bermslh? Ini setelah di matiin seharian. Dinyalain lagi ac kadang dingin kadang ga dingin kaya bau2 ac awal dinyalain. Teteo aja kurang nyez walaupun di angka 19 😞

Anonymous said...

Sy baru isi freon karena pipa beku ad es tp baru sehari isi AC ud GK dingin LG trus beku LG knp ya gan