Thursday 1 September 2011

Thumbs up Di Inggris, Tukang Sampah Akan Dibekali iPad



Uploaded with ImageShack.us




Uploaded with ImageShack.us


Berharap agar tak ada lagi sampah yang tercecer dan lupa diangkut, dewan kota Bury Council di Greater Manchester, Inggris, menyiapkan anggaran dana sekitar 9000 poundsterling untuk membeli iPad. iPad ini nanti akan disertakan di 22 dashboard mobil pengangkut sampah di kota tersebut.

Tentu saja para tukang sampah yang akan menikmati imbasnya. Dengan iPad ini diharapkan mereka akan lebih efisien dalam mengumpulkan sampah dari warga di seluruh penduduk kota. Melalui iPad, para tukang sampah dapat melakukan input data secara efisien dan melayani masyarakat dengan lebih baik. Misalnya data rumah tangga yang tidak mendaur ulang sampah atau mana saja yang butuh bantuan dalam menangani sampah.


Tentu saja kebijakan ini mendapat kritikan karena dianggap sebagai pemborosan. Karena masyarakat menganggap pekerjaan semacam itu dapat dilakukan dengan menggunakan kertas. Namun menurut dewan kota, iPad akan membuat tugas tukang sampah jauh lebih mudah dalam mengumpulkan sampah. iPad dapat menggantikan kertas yang bisa hilang atau basah. Dengan iPad, tidak akan ada lagi sampah yang tertinggal.


Ipad yang diperuntukan bagi tukang sampah ini akan dibekali dengan informasi mengenai sampah di setiap rumah tangga. Berbagai informasi juga bisa diinput dengan mudah, misalnya tong sampah mana yang telah rusak atau kelebihan beban. Dewan kota berharap dengan adanya iPad dapat menurunkan presentasi sampah yang lupa dikumpulkan.


Tekhnologi seperti apapun juga jika dipergunakan dengan tepat dan benar dapat mendatangkan keuntungan yang besar bagi penggunanya. Dan sepertinya dewan kota ini memegang teguh prinsip ini untuk mengatasi masalah sampah di kota mereka.

No comments: