Friday 26 August 2011

Haruskah membuat akun di semua SosMed?

Lima tahun yang lalu mungkin kita semua belum tau ada istilah Sosmed alias sosial media, tapi sekarang “hewan” yang satu ini seakan sudah jadi bagian hidup manusia mau yang di desa apalagi di kota. Ibarat udah jadi kebutuhan primer, facebook dan twitter sudah jadi media komunikasi baru yang mungkin dulu bisa jadi tidak pernah diduga oleh penemu internet. Gak buka fesbuk, gak twitteran sehari kayak makan gak pake sambel.  Belum habis demam dua sosmed itu, sekarang muncul lagi macem macem sampe gw sendiri gak hapal. Mulai dari Tumblr, Heello, Google+ belum yang fungsinya spesifik dan dikembangkan dari yang sebelumnya pernah ada seperti Linked atau Multiply. Sempet juga ada MySpace, Plurk ato beberapa jenis temen-temennya Friendster. Tambah lagi sekarang hampir semua aplikasi bisa di-link ke sekian banyak merek merek yang disebutin barusan. Gara gara sekian aplikasi itu, orang jadi sulit berbohong lagi ngapain, lagi dimana dan sama siapa semua terlacak. Bahkan terkadang sosmed bisa membuat kita tau kepribadian seseorang dengan baik tanpa harus mengenal dia lebih jauh.
Udah banyak banyak begitu, apa kita juga kudu bikin akun di semua aplikasi? Kalo yang saya liat sih, anak anak muda khususnya ABG Labil rata-rata pasti punya akun di minimal dua sosmed.  Gak gaul dan gak alay banget kalo sampe gak update di sekian banyak sosmed. Lah, trus tujuannya apa? Buat nambah temen? Buat gaya dan tambah eksis atau biar gak ketinggalan jaman doang? Beda umur, beda pergaulan pasti beda tujuan.
Kalau tujuannya hanya untuk gaul, biar gak ketinggalan jaman, pesen saya sih gak perlu deh buka sekian banyak akun sosmed. Selain repot ngurusinnya, ngabisin waktu, pasti ngisinya juga gak optimal. Namun ada beberapa alasan kenapa kita harus aktif di sosmed yang jika dimanfaatkan dengan baik, keuntungannya banyak sekali selain sebagai tempat untuk mengememukakan pendapat, uneg uneg atau sekedar iseng


Gak perlu deh bikin akun di semua sosmed, kita bisa pilih pilih sesuai pertimbangan seperti di bawah ini;
  1. Sarana komunikasi. Yang pasti manfaat utama SosMed itu untuk menjalin silaturahmi. Inget..silaturahmi itu ibadah dan berpahala lo. Kadang saat menunggu sesuatu, lagi jenuh kita bisa iseng ber-say Hi ke teman teman atau keluarga  yang jauh via sosmed. Cari sosmed yang paling banyak digunakan oleh kerabat dan handai taulan kita.
  2. Sarana promosi. Sekarang sudah banyak perusahaan perusahaan besar yang menggunakan sosmed untuk sarana promosi produk mereka atau untuk menjalin komunikasi dengan customernya. Kenapa kita yang individu gak? Gak mesti produk jualan lo.. bisa jadi promosi kegiatan, promosi tulisan kita di blog atau yang lain lain sejenis. Bicara marketing di Sosmed, sepertinya di google banyak banget tuh.. monggo googling ajah..
  3. Sarana Kebutuhan Khusus. Pilih Sosmed yang sesuai kebutuhan. Saat ini twitter emang paling oke untuk menyebarkan informasi yang cepat dalam sekejap. Semantara itu Linked sangat baik digunakan untuk promosi diri untuk pekerjaan profesional. Sudah semakin banyak HRD yang mencari calon kandidatnya melalui sosmed ini. Buat jualan sekarang multiply sudah diperbaharui khusus untuk online shopping. Yang demen fotografi  posterous dan tumblr boleh dicoba.
  4. Sarana Jajak Pendapat. Maanfatin sosmed untuk survei, penelitian dan jajak pendapat. Kalau dulu untuk tau pendapat orang lain atau masyarakat mungkin kita perlu waktu berminggu-minggu. Kini melalui sosmed, dalam sekejap kita bisa tau respon masyarakat terhadap satu hal yang trend atau memang sedang menuju trend. Nih buat kamu kamu yang perlu data beginian, sosmed ampuh banget deh..
  5. Sarana Beramal. Membantu orang via Sosmed. Ini sekarang lagi trend. Mulai dari mencari orang hilang, penggalangan dana anak cacat sampe bantuin kemanusiaan bencana alam.
Asyikk kan.. jadinya twitter dan teman temannya itu gak buat tempat curhat doang…

No comments: