Tuesday 12 July 2011

Museum-Museum Ekstrim di Dunia

Umumnya museum digunakan untuk menyimpan dan mengoleksi benda-benda purbakala atau peninggalan bersejarah lainnya. Untuk digunakan sebagai pembelajaran bagi generasi yang akan datang. Tapi tidak bagi museum-museum berikut ini yang mempunyai koleksi-koleksi aneh, bahkan cenderung ke ekstrim.

Museum Mutter yang terletak di Philadelpia termasuk dalam museum yang ektrim ini. Hal ini karena museum ini memajang koleksi yang tidak lazim, seperti kerangka-kerangka manusia yang abnormal, foto-foto orang cacat atau beraneka macam koleksi otak. Wajar saja karena museum yang dibangun tahun 1850-an ini memang dibuat untuk para calon dokter yang ingin mempelajari tentang anatomi manusia dan kelainan medisnya.

Sementara itu di Amsterdam ada musim Hash yang menyimpan benda-benda terlarang. Di museum ini dikoleksi berbagai macam material NAPZA seperti ganja, obat-obatan terlarang dan lainnya. Tujuannya adalah untuk memberi pencerahan kepada masyarakat sekaligus menghindari penyalahgunaannya.

Yang lebih aneh adalah Museum Icelandic Phallological di Islandia. Hal ini karena museum tersebut menyimpan berbagai macam koleksi penis, mulai dari manusia hingga berbagai macam binatang. Didirikan sejak tahun 1974, museum ini menyimpan koleksi penis yang diawetkan sebanyak 261 macam alat kelamin dari 90 spesies. Mulai penis terbesar yaitu milik ikan paus sepanjang 1,7 m dan seberat 70 kg, hingga penis mini yaitu milik hamster yang hanya 2 mm. Setiap hari museum ini didatangi pengunjung dari berbagai dunia, dan uniknya dari ribuan pengunjung yang datang itu kebanyakan adalah kaum wanita.

Di Cina ada museum seks yang terletak di Tongli, Suzhou. Di museum ini terdapat koleksi patung yang mengggambarkan berbagai pose pesetubuhan, juga cerita-cerita tentang evolusi seks, kesehatan seksual hingga alat bantu seks. Museum serupa juga terdapat di Korea Selatan, Jepang dan India.

Sementara itu di Jepang terdapat Museum Shin-Yokohama Ramen yang memiliki koleksi tentang mie. Di museum tersebut dipamerkan sejarah mie, aneka bentuk sumpit, maupun bermacam-macam bentuk mangkuk. Sedang di India ada Sulabh Museum yang memajang berbagai macam bentuk kloset dari yang tradisional hingga modern.

Yang aneh lagi adalah di Zagreb, Kroasia, terdapat Museum Patah Hati. Didirikan oleh Drzen Grubisic dan Olinka Vistica, keduanya sepakat mendirikan museum tersebut setelah selama ini sering dijadikan tempat curhat oleh teman-teman mereka yang patah hati karena cinta. Wah

No comments: